Ajarkan 4 Cara Supaya Anak Anda Siap Hadapi Orang Asing

Bertemu dengan orang asing memang seringkali menjadi momen yang menakutkan bagi setiap orang. Untuk itulah, setiap orang membutuhkan ilmu parenting yang tepat untuk masalah ini. Hal ini berguna untuk membuat anak bisa mengambil keputusan yang tepat ketika berhadapan dengan orang asing. Sebagai orang tua, Anda bisa mengajarkan 4 cara seperti berikut ini.

  1. Jelaskan Definisi Orang Asing

Ajaran pertama yang mesti dilakukan Anda sebagai orang tua adalah mendefinisikan orang asing pada si kecil. Beri tahu mereka bahwa orang asing adalah orang yang tidak ada dalam lingkungan keluarga, saudara hingga orang yang dikenal. Untuk itulah, buat anak paham bahwa ketika bertemu dengan orang asing mereka tidak boleh percaya begitu saja.

Sangat lain apabila ketika anak bertemu dengan orang yang sudah dekat. Hal ini penting untuk membuat mereka paham pada siapa mereka bisa memberikan kepercayaannya. Meski begitu, Anda juga tidak boleh mendoktrin bahwa semua orang asing itu pasti jahat. Soalnya dalam kondisi tertentu, seringkali anak juga harus meminta bantuan dari orang asing.

  1. Waspadai Orang Asing yang Bersikap Tidak Wajar

Ilmu parenting berikutnya yang wajib diajarkan pada si kecil ketika berhadapan dengan orang asing adalah mewaspadainya. Terutama orang asing yang bersikap tidak wajar pada mereka. Bersikap tidak wajar itu bisa dengan terus mendekati, berpura-pura sangat akrab hingga menawarkan bantuan tanpa diminta tolong.

Soalnya dengan ciri-ciri tersebut maka orang asing itu bisa jadi memiliki niat yang tidak baik pada si kecil. Selain itu, ajarkan juga si kecil untuk tidak mudah memberikan identitas pribadi mereka pada orang yang baru dikenal. Hal ini untuk mencegah terjadinya penculikan hingga aksi kriminal lainnya.

  1. Ajarkan untuk Tegas

Meskipun terhitung masih kecil tapi anak tetap harus diajari untuk tegas sejak dini. Hal ini untuk mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan. Tidak terkecuali ketika mereka sedang bertemu dengan orang asing. Dengan mengajarkan sifat tegas ini maka akan membuat anak berani untuk menolak ajakan orang asing yang dianggapnya tidak wajar.

  1. Minta Bantuan pada Orang Asing

Terakhir adalah beri penjelasan kepada orang asing seperti apa yang mereka bisa minta bantuan. Jelaskan bahwa tidak semua orang asing itu berbahaya dan apabila mereka terdesak membutuhkan bantuan maka harus meminta tolong pada yang tepat. Khusus untuk orang asing tersebut maka minta bantuanlah pada orang asing yang berseragam seperti polisi atau satpam.

Jadi dengan ilmu parenting tentang orang asing tersebut maka akan membuat si kecil lebih siap. Apalagi apabila terjadi hal-hal yang tidak terduga ke depannya. Dengan bekal ajaran yang sudah Anda berikan pastinya akan berguna buat mereka untuk menghadapi berbagai situasi yang tidak nyaman.